An-124 (Foto ; wikimedia) |
Salah satu pesawat kargo raksasa rusia yang pernah ada dan sampai saat ini masih beroperasi adalah An-124. Diterbangkan pertama kali pada tahun 1982.
Sebelum adanya An-225, Antonov An-124 adalah pesawat kargo terbesar di
dunia, mengalahkan C-5 Galaxy. An-124 dibuat berdasarkan pengalaman
dalam pembuatan turboprop raksasa An-22 dengan beberapa pengembangan
yang membuat An-124 lebih efektif.
An-124 dilengkapi dengan sebuah hidung yang jika dibuka seperti tergantung menghadap atas dan "pelat besi" yang bisa diturunkan untuk kemudahan roll-on roll-off loading kargo.
Sebagai tambahan, dua roda hidung yang berada dibawah pintu loading kargo depan dapat disetel serendah mungkin hingga memudahkan operator memindahkan kargo. Desain An-124
mempunyai full-span leading-edge slats pada sayapnya yang memungkinkan
kemampuan take-off jarak pendek.
Dengan 24 rodanya membuat An-124 dapat beroperasi pada medan yang berat. sebagai tambahan selain adanya ruang kargo utama 118 ft x
21 ft x 14.5 ft, dengan total volume 44.725ft. Juga terdapat kompartemen bagi 88 penumpang.
Sejarah
Selama 1970-an, VTA (Military Transport Aviation) penerbangan transportasi militer Angkatan Udara Soviet kekurangan armada berkapasitas berat strategis. Pesawat terbesar yang dimiliki saat itu hanya terdiri dari sekitar 50 Antonov An-22 turboprop, yang digunakan untuk peran angkut berat taktis.
An-124 diproduksi secara royokan oleh dua perusahaan, Aviastar-SP (ex Ulyanovsk Aviation Industrial Complex.) Dan oleh Pabrik Kyiv Aviation Aviant,Ukraina. Desain pekerjaan dimulai pada tahun 1971 dilanjutkan dengan pembuatan badan utama pesawat pada 1979. Total proyek ini melibatkan lebih dari 100 pabrik yang dikontrak untuk menghasilkan sistem dan bagian.
Penerbangan pertama terjadi pada Desember 1982 dan dipamerkan pertama ke dunia Barat pada tahun 1985 di Paris Air Show.
Penerbangan pertama terjadi pada Desember 1982 dan dipamerkan pertama ke dunia Barat pada tahun 1985 di Paris Air Show.
An-124 pertama kali beroperasi untuk Aeroflot, yang banyak digunakan sebagai
pesawat kargo sipil. Sedangkan VTA mempergunakan An-124 sebagai pesawat untuk
misi transpor strategis. Total 54 An-124 dibuat dari 1984 sampai 1997.
Hingga tahun 2000, 26 An-124 beroperasi untuk AU Rusia, 21 beroperasi untuk
maskapai penerbangan sipil dan 5 hilang pada kecelakaan.
Teknis
Jika dilihat, An-124 mirip dengan Galaxy Lockheed Amerika C-5 Galaxy,
namun memiliki muatan 25% lebih besar, selama beroperasi An-124 telah digunakan untuk membawa lokomotif, fuselages pesawat, dan berbagai kargo berdimensi besar lainnya.
Dengan 4 mesin lotarev D18T Turbofan dan 6 kru yang mengawaki hingga saat ini tercatat hanya Rusia yang mengoperasikan pesawat ini sebagai transpor militer. (sey)
Profile kompartemen An-124 (Image; brinkley.cc) |
payload range An-124 (Image; brinkley.cc) |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten -