Ka-50 Black Shark (Foto ; helistart.com) |
Dengan
beroperasinya Mi-24 tidak serta merta membuat Angkatan Bersenjata Soviet puas, dengan
maksud membuat Helikopter yang mempunyai kemampuan serang murni, bisa membabat
Tank, helikopter, pertahanan infanteri musuh dan melindungi pergerakan pasukan Infateri
kawan tanpa harus di bebani dengan kemampuan angkut pasukan. Dirancanglah
sebuah helikopter dengan desain yang berbeda dengan Mi-24.
Dikembangkan
sebagai Helikopter dengan kemampuan serang, Kamov Ka-50 merupakan helikopter
tempur segala cuaca yang dikembangkan oleh Biro desain Kamov. Helikopter yang
rotor utamanya bertumpuk ini di kembangkan pertama kali pada 1977 dengan purwarupa
yang diberi kode V-80 dan dipamerkan kepada AB Soviet pada mei 1980.
Ka-50 memiliki sejumlah karakteristik unik yang bisa dibilang merupakan
keunggulan Helikopter ini dibandingkan dengan model sejenis milik barat :
1. Ka-50
memiliki konfigurasi kursi tunggal yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan
operasi tempur dan manuver.
2 Ka-50
dirancang untuk mampu melaksanakan operasi jarak jauh, tanpa membutuhkan
perawatan dasar selama dua minggu hingga membuat helikopter ini tangguh untuk
beroperasi di semua medan.
3. Ka-50
menggunakan dua rotor utama yang diletakkan bertumpuk dan bergerak berlawanan
arah, ini memberikan keuntungan tersendiri bagi Ka-50, dengan adanya main rotor
kedua berarti meniadakan rotor ekor. dengan sistem ini manuveribiltas helikopter
tidak dipengaruhi oleh kekuatan dan arah angin serta memiliki hovering turn
rate yang baik.
4. Ka-50
adalah
helicopter pertama di dunia yang mengadopsi pemakaian kursi lontar pada helikopter,
tipe yang dipakai adalah zvesda K-37-800 , kursi lontar yang mampu memberikan
eject reaction yang baik walaupun
helikopter dalam posisi ketinggian dan kecepatan maksimal.
Kursi lontar (Foto; zvesda-npp.ru) |
35%
badan Ka-50 berbahan komposit, bagian - bagian yang terbilang kritis dan
“shelter” amunisi di lapisi dengan struktur berbahan Kevlar atau Nomex . Dengan
pemberian proteksi seperti ini membuat kaca kokpit mampu menahan tembakan
kaliber 12,7mm sedang kabin dapat menahan tembakan hingga kaliber 23mm.
Setiap
sayap pada Ka-50 memiliki dua cantelan yang dapat di pasang berbagai macam
kanon maupun rudal udara ke udara atau udara ke permukaan, konfigurasinya mulai
dari rudal AT-16, Kanon kaliber 30mm 2A42, dan roket kaliber 80mm. Tipe kanon 30mm
yang dipakai Ka-50 sama dengan yang dipakai oleh BMP-2, kanon 30mm tipe 2A42 mampu
membawa 460 amunisi berbagai tipe.
Dua Rotor utama yang diletakkan bertumpuk (Foto; airforceworld.com) |
Kanon kaliber 30mm 2A42 (Foto; airforceworld.com) |
Saat
ini Ka-50 telah mengalami beberapa kali upgrade untuk lebih meningkatkan
kemampuannya,berikut varian – variannya :
- Kamov Ka-50 (Versi kursi tunggal)
- Kamov Ka-50N (Mempunyai kemampuan operasi serang malam)
- Kamov Ka-50Sh
- Kamov Ka-50-2 "Erdogan" (versi dua awak dengan posisi tandem depan belakang, dibuat untuk memenuhi kontrak pengadaan helikopter serbu AB Turki)
- Kamov Ka-52 "Alligator" (versi dua awak dengan posisi berdampingan)
Ka-50 Erdogan (Foto; airforceworld.com) |
Ka-50K Versi pengoperasian di Kapal perang (Foto; airforceworld.com) |
Semula
AB Soviet merencanakan pengadaan ratusan Ka-50 untuk menggantikan Mil Mi-24,
akan tetapi dengan runtuhnya Uni Soviet membuat pengadaan Ka-50 tersisa lusinan
unit saja. Angkatan Udara
Rusia saat ini di perkuat sekitar 65 unit Ka-50 dengan sebagian besar varian
Ka-52 . di sebutkan juga pada 5 Agustus 2014 lalu bahwa AB Rusia merencanakan
pembelian 32 unit Ka-52K (tipe shipbourne attack helicopter) yang sebagian ditempatkan
di LHD Vladivostok class.(sey)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten -