Kamis, 25 September 2014

Ka-50, Hiu Hitam Pengganti Mi-24



 
Ka-50 Black Shark (Foto ; helistart.com)

Dengan beroperasinya Mi-24 tidak serta merta membuat Angkatan Bersenjata Soviet puas, dengan maksud membuat Helikopter yang mempunyai kemampuan serang murni, bisa membabat Tank, helikopter, pertahanan infanteri musuh dan melindungi pergerakan pasukan Infateri kawan tanpa harus di bebani dengan kemampuan angkut pasukan. Dirancanglah sebuah helikopter dengan desain yang berbeda dengan Mi-24.


Dikembangkan sebagai Helikopter dengan kemampuan serang, Kamov Ka-50 merupakan helikopter tempur segala cuaca yang dikembangkan oleh Biro desain Kamov. Helikopter yang rotor utamanya bertumpuk ini di kembangkan pertama kali pada 1977 dengan purwarupa yang diberi kode V-80 dan dipamerkan kepada AB Soviet pada mei 1980.


Ka-50 memiliki sejumlah karakteristik unik yang bisa dibilang merupakan keunggulan Helikopter ini dibandingkan dengan model sejenis milik barat :


1.    Ka-50 memiliki konfigurasi kursi tunggal yang dirancang untuk meningkatkan   kemampuan operasi tempur dan manuver.


2   Ka-50 dirancang untuk mampu melaksanakan operasi jarak jauh, tanpa membutuhkan perawatan dasar selama dua minggu hingga membuat helikopter ini tangguh untuk beroperasi di semua medan.


3.  Ka-50 menggunakan dua rotor utama yang diletakkan bertumpuk dan bergerak berlawanan arah, ini memberikan keuntungan tersendiri bagi Ka-50, dengan adanya main rotor kedua berarti meniadakan rotor ekor. dengan sistem ini manuveribiltas helikopter tidak dipengaruhi oleh kekuatan dan arah angin serta memiliki hovering turn rate yang baik.


4.   Ka-50 adalah helicopter pertama di dunia yang mengadopsi pemakaian kursi lontar pada helikopter, tipe yang dipakai adalah zvesda K-37-800 , kursi lontar yang mampu memberikan eject reaction yang baik walaupun helikopter dalam posisi ketinggian dan kecepatan maksimal.


Kursi lontar (Foto; zvesda-npp.ru)

35% badan Ka-50 berbahan komposit, bagian - bagian yang terbilang kritis dan “shelter” amunisi di lapisi dengan struktur berbahan Kevlar atau Nomex . Dengan pemberian proteksi seperti ini membuat kaca kokpit mampu menahan tembakan kaliber 12,7mm sedang kabin dapat menahan tembakan hingga kaliber 23mm. 

Setiap sayap pada Ka-50 memiliki dua cantelan yang dapat di pasang berbagai macam kanon maupun rudal udara ke udara atau udara ke permukaan, konfigurasinya mulai dari rudal AT-16, Kanon kaliber 30mm 2A42, dan roket kaliber 80mm. Tipe kanon 30mm yang dipakai Ka-50 sama dengan yang dipakai oleh BMP-2, kanon 30mm tipe 2A42 mampu membawa 460 amunisi berbagai tipe.

Dua Rotor utama yang diletakkan bertumpuk (Foto; airforceworld.com)
 
Kanon kaliber 30mm 2A42 (Foto; airforceworld.com)


Saat ini Ka-50 telah mengalami beberapa kali upgrade untuk lebih meningkatkan kemampuannya,berikut varian – variannya :
  1. Kamov Ka-50 (Versi kursi tunggal)
  2. Kamov Ka-50N  (Mempunyai kemampuan operasi serang malam)
  3. Kamov Ka-50Sh
  4. Kamov Ka-50-2 "Erdogan" (versi dua awak dengan posisi tandem depan belakang, dibuat untuk memenuhi kontrak pengadaan helikopter serbu AB Turki)
  5. Kamov Ka-52 "Alligator" (versi dua awak dengan posisi berdampingan)


Ka-50 Erdogan (Foto; airforceworld.com)
Ka-52 Alligator, perhatikan kokpit tandemnya (Foto;airfoceworld.com)

Ka-50K Versi pengoperasian di Kapal perang (Foto; airforceworld.com)
  
Semula AB Soviet merencanakan pengadaan ratusan Ka-50 untuk menggantikan Mil Mi-24, akan tetapi dengan runtuhnya Uni Soviet membuat pengadaan Ka-50 tersisa lusinan unit saja. Angkatan Udara Rusia saat ini di perkuat sekitar 65 unit Ka-50 dengan sebagian besar varian Ka-52 . di sebutkan juga pada 5 Agustus 2014 lalu bahwa AB Rusia merencanakan pembelian 32 unit Ka-52K (tipe shipbourne attack helicopter) yang sebagian ditempatkan di LHD Vladivostok class.(sey)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten -