Rabu, 17 September 2014

Il-38, Patroli Maritim Angkatan Laut Rusia


 
Il-38 (foto ; naval-technology)
 
Untuk keperluan patroli maritim dan dukungan perang anti kapal selam (ASW), Angkatan Laut Rusia (VMF Rossi) memiliki pesawat dengan kode Ilyushin Il-38, pesawat yang dirancang oleh Ilyushin Aviation Complex ini awalnya berasal dari pesawat angkut turboprop Ilyushin Il-18.

Karena dibangun berdasarkan desain Il-18. Secara fisik terdapat perbedaan panjang badan pesawat, badan Il-38 lebih panjang  4m dan letak sayap yang penempatannya  lebih maju ke depan jika dibandingkan dengan Il-18. Panjang pesawat juga dipengaruhi karena adanya penambahan detektor anomali magnetik (MAD) selain itu perbedaan yang paling kentara adalah adanya radar pencari berbentuk "bubble" yang terletak di bagian bawah kokpit.  

Prototipe pertama  Il-38 terbang perdana pada bulan September 1961, hingga saat ini Il-38 merupakan aset utama VMF Rossii untuk tugas patroli maritim. Tipe terbaru dari Il-36 saat ini adalah Il-38N setelah di upgrade dengan sistem yang di sebut dengan sistem Novella STS (Search and Track System).



Il-36N (Foto; wikimedia)

Kemamampuan Avionik
 
Sistem Avionik yang telah upgrade telah meningkatkan daya endus pesawat ini, diantaranya  synthetic-aperture radar / inverse-synthetic-aperture radar (SAR / ISAR), radar berkemapuan cari dan serang, sensor FLIR beresolusi tinggi, kamera televisi sebagai pendukung surveillance, sistem electronic support measure , dan sonobuoys  tipe aktif dan pasif. Dengan upgrade ini memberikan Il-38N kemampuan deteksi target hingga jarak 320 km dan 90 km luasan wilayah yang dapat dipantau , sekaligus dapat melacak 32 target secara bersamaan.

Persenjataan

Dengan persenjataan yang bisa di tempatkan bagian sayap, Il-38N bisa dipersenjatai dengan  rudal, torpedo, dan bom Deepth charges  tipe FAB 250. Selain itu untuk meningkatkan daya getar, pesawat ini juga memiliki kemampuan menggotong rudal anti kapal Sea Eagle, dan rudal udara ke udara jarak pendek R-73RDM2. Sedang untuk urusan dapur pacu, empat mesin baling – baling turboprop Ivchenko Al-20M. Mampu membawa Ilyushin Il-38 terbang dengan kecepatan maksimum 650 km / jam. Dan daya jangkau hingga 9,500km. Lebih dari cukup untuk sebuah pesawat patroli maritim gaek dengan kemampuan modern, kak vy dumayete?.(Sey)









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten -