V-12 sedang melakukan tes flight pertama (Foto; aviastar.org) |
Warisan helikopter dengan kemampuan angkut peninggalan Soviet, banyak diantara nya menimbulkan kekaguman tersendiri,baik dari segi daya angkut maupun dari sosoknya yang raksasa. Mil V-12 salah satu diantaranya, helikopter ini merupakan helikopter terbesar yang pernah dibuat.
Sebagai gambaran atas sosoknya yang raksasa, V-12 salah satu helikopter uji mempunyai mesin dengan dua rotor yang terpasang pada masing - masing
ujung sayap. Tiap rotornya berdiameter 115 kaki (35m). Jarak ujung rotor ke rotor lainnya
hampir 220 kaki (67m), bahkan lebih lebar dari bentang sayap Boeing 747! Meskipun terlihat mempunyai sayap,sebenarnya fungsi dari sayap tersebut tidak lebih dari penopang mesin, dan tidak berfungsi untuk meningkatkan gaya aerodinamis apapun.
Hal lain yang membuat orang berdecak kagum adalah adalah kapasitas angkut helikopter ini. V-12
mempunyai berat take-off maksimal 231.485 lbs (105 ton), pada 1969 Mil V-12 memecahkan rekor dengan membawa beban 88.635 lbs (40.205 kg).
Tetapi meskipun mempunyai kemampuan angkut yang luar biasa, hanya dua purwarupa V-12 yang dibuat, ini dikarenakan desain ini dinyatakan gagal oleh otoritas Uni Soviet pada waktu itu. Ini disebabkan karena besarnya dimensi V-12 dan sulit untuk diajak bermanuver.
Sebenarnya selain peruntukkan utamanya adalah AB Uni Soviet, rencannya Mi-12 juga di operasikan oleh maskapai Aeroflot, terutama untuk wilayah Siberia yang kaya akan sumber daya tetapi kurang didukung oleh sarana komunikasi yang baik .
Meskipun ada purwarupa Mil Mi-12 yang pernah dibuat, hanya tersisa satu purwarupa yang saat ini tersimpan di Museum Monino Angkatan Udara Rusai. Purwarupa pertama hancur dalam kecelakaan fatal ketika sedang melakukan pendaratan pada tahun 1969.
Setelah hancurnya purwarupa pertama, sejumlah besar penerbangan demonstrasi di lanjutkan oleh purwarupa kedua, biarpun begitu setelah melakukan serangkaian demonstrasi penerbangan, tidak ada pengembangan lebih lanjut dan tidak ada satupun Mil Mi-12 yang masuk serangkain produksi. (Sey)
Sebenarnya selain peruntukkan utamanya adalah AB Uni Soviet, rencannya Mi-12 juga di operasikan oleh maskapai Aeroflot, terutama untuk wilayah Siberia yang kaya akan sumber daya tetapi kurang didukung oleh sarana komunikasi yang baik .
Meskipun ada purwarupa Mil Mi-12 yang pernah dibuat, hanya tersisa satu purwarupa yang saat ini tersimpan di Museum Monino Angkatan Udara Rusai. Purwarupa pertama hancur dalam kecelakaan fatal ketika sedang melakukan pendaratan pada tahun 1969.
Setelah hancurnya purwarupa pertama, sejumlah besar penerbangan demonstrasi di lanjutkan oleh purwarupa kedua, biarpun begitu setelah melakukan serangkaian demonstrasi penerbangan, tidak ada pengembangan lebih lanjut dan tidak ada satupun Mil Mi-12 yang masuk serangkain produksi. (Sey)
Pembuatan purwarupa dengan skala penuh (Foto ; aviastar.org) |
V-12 ketika pertama kali roll-out dari hanggar perakitan, Juni 1967 (Foto;aviastar.org)
Spesifikasi (V-12)
- Kru: 6
- VTOL 25.000 kg
- STOL 30.000 kg
- rekor 40.200 kg
- Panjang: 37 m
- Diameter baling-baling:: 2×35 m
- Tinggi: 12,5 m
- Berat isi: 97.000 kg
- Berat maksimum saat lepas landas: 105.000 kg
- Mesin: 4 × Soloviev D-25 VF turboshaft
- Kompartemen kargo: 28,15 m×4,4 m×4,4 m
- Kecepatan maksimum: 260 km/h
- Jangkauan: 500 km
sumber;
wikipedia
aviastar.org
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten -