Terbang perdana pada tahun 1953 dan dirancang sebagai pembom strategis, M-4 Myasishchev direncanakan untuk memukul target di amerika utara.
Dirancang memiliki jangkauan 11.000 - 12.000km,dengan kecepatan maksimum 900km/jam dan bisa membawa muatan seberat 5000kg, yang unik dari pembom ini adalah adanya dua pasang roda pendarat di bagian depan dan roda yang terdapat di ujung sayap. M-4 "Bison" di tenagai oleh empat mesin Turbojet AM-3A. meskipun pada kenyataannya pembom ini hanya mempunyai jangkauan 8.500km,yang tidak memungkinkan serangan langsung ke wilayah AS, namun pembom ini tetap di produksi, pada bulan Juli 1955 penyerahan pertama sepuluh M-4 di mulai
Pada tahun 1963, produksi pembom Bison berhenti. Sebanyak 93 pesawat, termasuk sepuluh M-4 dan sembilan 3MD13 berhasil dibangun. Versi 3M beroperasi dalam Angkatan Udara Soviet sampai akhir tahun 1980-an, dan telah dihapus sesuai dengan START-1 perjanjian tentang pengurangan kekuatan strategis ofensif. 3MS2 tanker beroperasional hingga 1994. Sisanya adalah tiga pesawat yang telah dikonversi untuk mengangkut kargo digunakan untuk tujuan yang tidak terkait dengan START I. (sey)
|
3M, versi terakhir dari M-4, Total ada 8 penerbang yang mengawaki pesawat ini |
|
Tampak probe pengisi bahan bakar, inlet udara, dan ruang pengamat pembom, uniknya pembom ini mempunyai dua pasang roda pendarat |
|
Ruang penembak di lihat dari dekat |
|
Total ada tiga turret gunner AM-23, satu diatas kokpit, satu dekat roda pendarat (tampak dalam foto ini), dan satu terletak di bagian ekor |
|
Turret gunner bagian ekor, sistem kontrol yang di gunakan sama dengan yang digunakan oleh Tu-4 |
|
Mesin Turbo jet VD-7 |
|
Ruang pengamat pembom |
|
Varian - varian M-4 |
|
Versi lain dari M-4,setelah versi tanker, hingga akhirnya di pakai sebagai pesawat angkut berat, utamanya untuk mendukung proyek angkasa luar soviet Buran, tampak VM-T "Atlant" , VM-T merupakan kepanjangan dari "Vladimir Myasishchev
Transport" |
|
VM-T dengan muatan lain, seperti booster untuk Buran |
|
Kokpit M-4 |
|
M-4 ketika masih aktif |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten -