Jumat, 28 November 2014

VVA-14 ; VTOL Amphibi Pemburu Kapal Selam "Polaris" Amerika




VVA-14 Salah satu peralatan perang soviet lain yang boleh di bilang "nyeleneh" , di buat dengan konsep terbang mengambang di atas air, VVA-14 di proyeksi untuk mencari dan menghancurkan kapal selam Polaris AL Amerika periode tahun 1970an,

Proyek yang dimulai pada tahun 70an ini, sempat tertunda karena kurangnya dana, Beriev sendiri di perintahkan untuk membangun tiga prototipe VVA-14 yang nantinya mempunyai misi multiperan yang meliputi SAR Laut dan Udara, pertahanan terhadap semua jenis kapal selam dan kapal perang permukaan, dan patroli di sekitar garis pantai Soviet

Setelah penelitian yang sangat menghabiskan waktu dan biaya, dan juga tes dengan simulator, prototipe pertama No l9172, selesai sebagai pesawat terbang. Diuji di Sekolah terbang Taganrog WS , yang memiliki landasan beton dan disaksikan oleh banyak insinyur, termasuk wakil kepala desainer Nikolai A Pogorelov, awak uji Yu M Kupriyanov dan navigator / sistem engineer LF Kuznetsov, uji terbang di laksanakan  dengan take-off konvensional pada 4 September 1972. Satu-satunya masalah adalah adanya getaran serius pada pipa hidrolik, yang mengakibatkan hilangnya/menguapnya cairan dari salah satu dari dua sistem pipa.

Dari segi keselamatan,pesawat ini memperhatikan betul hal tersebut, kokpit berisi tiga kursi lontar K-36L, untuk pilot, navigator dan operator sistem senjata. Kontrol penerbangan dihubungkan melalui autopilot SAU-M dan navigasi militer , meskipun begitu pesawat ini juga merupakan satu dari sekian proyek Soviet yang tidak tuntas,    dari beberapa prototipe yang berhasil di bangung  salah satu yang tidak lengkap VVA-14s rusak oleh kebakaran, , namun No l9172, sempat dibawa  ke museum Monino dalam keadaan tidak utuh. (sey)

Pesawat model Bartini Beriev VVA-14
Inilah sisa - sisa VVA-14






Berikut foto - foto VVA-14 ketika masih beroperasi
 
 
 
 
 
 
 
 


Sisa - sisa sebagian VVA-14 "19172" , tampak sayap,bagian ekor dan mesin telah telah hilang

Bagian kokpit yang di operasikan oleh 3 orang awak
Sambungan antara body dan "pelampung"
Bagian "Pelampung"
Bagian bawah terlihat kokoh dan "baik"
Sebuah pesawat model VVA-14 dilihat dari atas,tampak dua mesin Solov'yov D-30M turbofans
Sisa - sisa mesin Solov'yov D-30M turbofans




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten -