Minggu, 14 September 2014

Armata MBT terbaru Rusia

Tampilan Armata (Foto; Military-Today.com)

Armata adalah  proyek tank tempur utama Rusia terbaru. yang pengembangannya dimulai pada tahun 2011. dan dikembangkan sebagai pengganti  T-95. Diperlihatkan pertama kalinya kepada militer Rusia pada tahun 2013 dan serangkaian percobaan pada tahun 2014. Direncanakan akan diungkapkan kepada umum pada tahun 2015.

Armata  kemungkinan didasarkan pada modifikasi hull  T-90MS,  dengan baja reaktif eksplosif generasi baru dan sistem proteksi aktif terbaru. Selain kemampuan autoloader peluru meriam, Meriam yang digunakan Armata adalah meriam tipe smoothbore 2A82 kaliber 125mm, meriam ini  diklaim dapat meningkatkan akurasi penembakan  dibandingkan dengan merian 2A46M dari T-90 MBT. Armata juga memiliki kemampuan menembak rudal anti-tank. Rudal ini memiliki jangkauan sekitar 5 km dan juga dapat menjatuhkan helikopter yang terbang rendah. 

Selain sistem manajemen peperangan yang mampu mengkoordinasi semua aspek pertempuran, Armata akan dilengkapi juga dengan sistem kontrol penembakan terbaru .yang tentunya hal ini akan meningkatkan kemampuan "hunter - killer" Armata.

Tank tempur utama baru ini akan memakai mesin  A-82-2 turbocharged diesel, yang mampu menyemburkan kekuatan sebesar 1200 hp. Mesinnya sendiri merupakan mesin generasi baru, yang jauh lebih kompak daripada mesin tank Rusia sebelumnya. Armata direncanakan dijadikan platform untuk seluruh ranpur lapis baja Rusia seperti self-propelled artileri, IFV, recovery vehicle, dan ranpur artileri pertahanan udara. (Sey)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten -