Rabu, 10 September 2014

MIl Mi-10 Pengangkat Beban Segala Medan





Purwarupa Mi-10 sebelum tes terbang (Foto; aviastar.com)

Dengan bentuk seperti helikopter rusia pada umumnya, helikopter bertampang sangar dan jauh dari kesan eye catching  ini pertama dipamerkan ke muka publik di Tushino pada bulan Juli 1961, Mi-10 adalah pengembangan dari Mi-6, dengan perubahan desain  yang meliputi kabin  dan  empat roda pendarat kaki - kaki yang lebih tinggi dan lebih kuat, sebenarnya kaki - kaki yang lebih tinggi ini dikarenakan sebagai ruang penempatan kargo, Mi-10 di desain membawa kargo dengan cara di tempatkan di sebuah platform yang diletakkan diantara empat kaki - kaki roda pendarat yang terhubung satu sama lain, hingga kargo yang diangkut tampak seperti menggantung. ini berbeda dengan Helikopter kargo lain yang menempatkan barang bawaan nya di dalam kabin. Helikopter  ini diterbangkan oleh 4 - 5 awak , dan dapat menampung 28 penumpang dalam kabin.

Beban yang dapat diangkat mulai dari struktur bahan bangunan atau palet kargo berukuran besar. Terbang untuk pertama kalinya pada tahun 1960, Mi-10 dianggap mampu menunjukkan performa yang baik ketika beroperasi di dalam angkatan bersenjata Soviet

Pada bulan Maret 1966, Uni Soviet mengeluarkan model lain yang di beri kode Mi-10K, versi modifikasi dengan kaki-kaki jauh lebih pendek dan hanya diawaki oleh 2 orang awak, perbedaan utama nya adalah terdapat semacam gondola di bawah kokpit yang di gunakan oleh awak helikopter untuk mengawasi kargo yang dimuat selama penerbangan


Sejarah

Diawali dengan munculnya Mi-6 membuat Angkatan Bersenjata Uni Soviet mempunyai kemampuan maksimal untuk mobilitas pemindahan beban berukuran besar dan berat. Akan tetapi rupanya masih ada ketidak puasan terhadap Mi - 6, dengan alasan  ingin sebuah heli yang mempunyai daya angkat beban yang lebih berat dan kemudahan para awak untuk dapat melakukan loading dan unloading kargo yang diangkut. maka pada tahun 1959 di mulailah pembuatan prototipe Mi - 10 dengan basis Mi -6.

Prototipe pertama V-10 selesai pada tahun 1959 dan penerbangan pertama dilakukan pada tanggal 15 Juni 1960. Pada uji penerbangan bulan Mei 1960 prototipe pertama jatuh sewaktu melakukan pendaratan  yang disebabkan oleh hilangnya tekanan oli gearbox, pada kecelakaan ini hanya Navigator dan operator radio yang selamat. Baru pada program uji terbang purwarupa kedua serangkaian rekor dunia berhasil dipecahkan. Dengan kemampuan mengangkut beban seberat 2510 kg pada ketinggian 2840 m (bandingkan dengan Mi-6 yang "hanya" mampu mengangkat beban seberat 20117 kg pada ketinggian 2738 m). Membuat Mi-10 mempunyai kemampuan angkut lebih berat jika dibandingkan dengan mi - 6. Helikopter ini di produksi hingga tahun 1964 - 1969. (Sey)


Sebuah Mi-10 yang di pamerkan pada Paris Air Show 1965 (Foto; aviastar.com)



 
Mi-10K,dengan kaki - kaki pendarat yang lebih pendek,juga terdapat gandola dibwah kokpit (Foto; aviastar.com)








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten -